Apa Sajakah Penyebab Telinga Sering Berdengung?

Telinga yang berdengung memiliki istilah tinitus di dunia kesehatan. Tinnitus bukanlah penyakit tetapi merupakan gejala gangguan pendengaran. Secara umum, tinitus bukan merupakan gejala dari kondisi serius, tetapi dapat mengganggu aktivitas. Pengobatan tinitus bisa dilakukan jika Anda sudah tahu penyebabnya.

Apa yang menyebabkan telinga berdengung?

Penyebab tinnitus yang paling umum adalah mendengarkan suara keras dalam jangka panjang. Suara keras menyebabkan kerusakan permanen pada sel-sel sensitif suara koklea (organ heliks di telinga bagian dalam). Beberapa profesi seperti teknisi penerbangan, musisi, tukang kayu, dan pilot memiliki risiko lebih besar mengalami tinitus. Paparan terhadap suara yang sangat keras juga bisa secara tiba-tiba menyebabkan tinitus. Berikut adalah beberapa penyebab tinnitus:

Faktor usia

Bagi banyak orang, menaikkan usia dapat memengaruhi gangguan pendengaran, yang biasanya dimulai sekitar usia 60 tahun. Kehilangan pendengaran yang terjadi dapat menyebabkan tinitus.

Paparan suara keras

Sumber umum dari banyak kebisingan adalah perangkat musik portabel seperti iPod, ponsel, atau laptop. Mendengarkan musik melalui headphone dalam waktu lama dapat menyebabkan tinitus. Paparan terhadap kebisingan tinggi dalam jangka pendek atau panjang memiliki risiko kerusakan permanen yang sama.

Penyumbatan kotoran telinga

Kotoran telinga memiliki keuntungan bahwa kotoran dan bakteri tidak dapat menembus saluran telinga. Ketika terlalu banyak kotoran telinga menumpuk dan sulit dibersihkan, itu dapat menyebabkan gangguan pendengaran atau iritasi pada gendang telinga, yang menyebabkan tinitus.

Perubahan tulang telinga

Pengerasan tulang di telinga tengah (otosklerosis) dapat memengaruhi pendengaran dan menyebabkan tinitus. Kondisi ini disebabkan oleh pertumbuhan tulang yang tidak normal dan biasanya disebabkan oleh faktor genetik.

Selain itu, masalah kesehatan tertentu dapat menyebabkan tinitus, seperti tekanan darah tinggi, penyakit kardiovaskular, sistem peredaran darah, anemia, alergi, masalah tiroid, penyakit autoimun dan diabetes. Obat-obatan tertentu yang diminum dapat menyebabkan atau memperburuk kondisi tinitus. Secara umum, semakin besar dosis yang diminum, semakin besar kemungkinan tinnitus terjadi. Tinnitus biasanya berhenti ketika obat berhenti minum. Beberapa obat yang dapat menyebabkan tinitus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *