Lain Lain

Bagaimana Supaya Pengajuan Pinjaman Dana Online Disetujui?

Fintech atau teknologi keuangan menyederhanakan proses pinjaman. Persyaratan dan proses pengajuan jauh lebih sederhana dan lebih praktis. Dengan aplikasi di smartphone, Anda bisa mendapatkan dana pinjaman dalam beberapa hari, bahkan berjam-jam. Ini karena banyak orang yang mulai memasuki fintech.

Meski begitu, bukan berarti semua pinjaman bisa disetujui fintech. Ada kemungkinan kualifikasi kredit nasabah harus dipenuhi, jika tidak, pengajuan pinjaman Anda bisa ditolak. Oleh karena itu, agar pengajuan kredit Anda diterima, pertimbangkan cara ini!

Pastikan Anda memenuhi syarat

Layanan dana pinjaman online biasanya memberikan kebutuhan yang berbeda bagi calon peminjam, antara lain pendapatan minimum, usia, dan tempat tinggal. Para calon peminjam sering terhambat oleh kecenderungan pendapatan tinggi yang cenderung tinggi. Tapi jangan khawatir, karena masih ada fintech yang kebutuhan pendapatannya cukup rendah, seperti Kredivo.

Untuk mendaftar di Kredivo, Anda hanya perlu berpenghasilan minimal Rp 3 juta per bulan. Persyaratan pendaftaran mudah lainnya juga penting, berusia 18 tahun ke atas dan tinggal di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi. Dengan memenuhi semua syarat, peluang untuk mengajukan persetujuan kredit semakin besar.

Akurasi dokumen dan data tidak kalah pentingnya

Layaknya mendaftar melalui bank, perusahaan dana pinjaman online cepat biasanya melakukan verifikasi terhadap dokumen calon nasabah. Bedanya, jika kredit konvensional diverifikasi oleh analis di kantor, maka konfirmasi dana pinjaman online untuk mengukur risiko kredit pendaftar didasarkan pada data digital.

Pastikan semua dokumen terdaftar atas nama Anda. Sebab, ini akan membuat reputasi Anda sebagai calon peminjam lebih baik dan lebih bisa diandalkan. Hindari mengunggah dokumen yang tidak atas namanya, apalagi memalsukan data. Misalnya, cara memalsukan slip gaji. Atau Anda unggah STNK sebagai bukti alamat, tetapi karena Anda membeli kendaraan bekas, STNK belum dibatalkan. Hal ini dapat membuat profil prospek menjadi lemah dan tidak konsisten, membuat mereka menjadi peminjam yang berisiko.

Jika tak ingin ribet, pilih Kredivo yang menawarkan proses pengiriman sederhana. Anda tidak perlu lagi mengunggah banyak dokumen. Sebagai gantinya, calon nasabah hanya perlu menautkan akun e-commerce dengan riwayat transaksi sebagai salah satu bukti alamat dan juga menautkan akun internet banking sebagai bukti pendapatan. Jauh lebih mudah, bukan?

Perhatikan juga gaji dan arus keuangan

Selain tempat tinggal dan usia, besarnya gaji juga menjadi syarat pendaftaran di Kredivo. Jika Anda melampirkan slip gaji atau terhubung ke internet banking, pastikan penghasilan bulanan Anda minimal Rp 3 juta. Meski Kredivo mematok penghasilan minimal, bukan berarti yang mendaftar harus bekerja di kantor dan punya gaji bulanan.

Pengusaha atau freelancer juga dapat mendaftar, asalkan pendapatan bulanan yang terdaftar di akun tertaut memenuhi persyaratan minimum. Semakin tinggi pendapatannya, semakin besar peluang untuk mencapai batas yang besar.

Selain mencatat pendapatan, arus kas bebas utang yang sehat juga penting. Ketika Anda terhubung ke internet banking dan menemukan bahwa pengeluaran Anda lebih besar daripada penghasilan Anda, kemungkinan pengajuan pinjaman Anda akan berkurang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *