Tips Menghilangkan Bau Mulut dan Menjaga Nafas Tetap Segar

Kesehatan gigi dan mulut seringkali diabaikan jika dibandingkan dengan kesehatan badan pada umumnya. Padahal kesehatan gigi dan mulut sangat erat kaitannya dengan kesehatan saluran pencernaan dan kepercayaan diri Anda. Dengan kondisi gigi yang kuat, Anda dapat mengunyah makanan dengan baik sehingga makanan menjadi lembut dan sari-sari makanan mudah diserap. Selain itu dengan gigi yang kuat tanpa lubang, Anda juga akan memiliki nafas yang segar. Gigi berlubang akan menjadi tempat tumbuh kuman penyebab bau mulut yang pasti sangat mengganggu rasa percaya diri Anda. Jika hal ini terjadi pada Anda, berikut ini adalah beberapa tips menghilangkan bau mulut agar nafas kembali segar dan rasa percaya diri meningkat:

  1. Menambal gigi berlubang.
    Cara pertama dan yang paling penting tentu adalah dengan menambal gigi yang berlubang. gigi yang berlubang akan menjadi sarang kuman dimana kuman itulah yang menyebabkan masalah bau mulut dan sakit gigi. Saat akan ditambal, dokter gigi akan memberikan obat antibakteri terlebih dahulu untuk membunuh kuman yang sudah berkembang biak. Setelah steril, barulah gigi yang berlubang ditambal. Namun beberapa kasus gigi yang berlubang terlalu besar justru tidak bisa ditambal dan harus dicabut sampai ke akarnya. Jika begitu, Anda bisa menggantinya dengan gigi palsu atau membiarkannya dicabut tanpa menggantinya lagi asalkan dijaga selalu bersih.
  2. Rajin gosok gigi.
    Tips penting lainnya adalah rajin menggosok gigi terutama sebelum tidur. Kuman akan lebih aktif di malam hari untuk berkembang biak maupun merusak gigi. gosok gigi Anda sebelum tidur agar tak ada sisa makanan yang masih menempel sebagai sarang kuman dan sumber bau mulut di pagi hari.
  3. Obat kumur.
    Di pasaran Anda bisa menemukan mouthwash yang sudah diformulasikan untuk menghilangkan bau tak sedap dan menggantinya dengan nafas yang segar. Namun disarankan jika sumber bau tersebut adalah gigi berlubang, Anda menggunakan mouthwash yang mengandung anti bakteri. Obat kumur dengan antibakteri meski memiliki rasa yang lebih pahit namun lebih efektif menghalau bau mulut akibat gigi berlubang dan kuman. Dengan obat kumur anti bakteri juga membantu Anda membunuh kuman yang belum maksimal dibersihkan pada saat sikat gigi.
  4. Membersihkan lidah.
    Ternyata bukan hanya gigi saja yang harus dibersihkan, lidah juga bisa menjadi sumber bau mulut karena banyak sisa makanan yang menempel di sana. Belilah alat untuk menyikat lidah Anda dan gunakan untuk membersihkan lidah setelah makan.
  5. Stop merokok.
    Selain gigi berlubang, bau mulut bisa disebabkan dari kebiasaan merokok. Karena itu berhentilah merokok jika tak ingin Anda memiliki bau tembakau yang keluar dari mulut. Selain bau mulut, merokok juga bisa menyebabkan gigi berlubang serta masalah kesehatan serius seperti kanker.
  6. Pilih menu makanan.
    Agar Anda tak memiliki bau mulut, tentu harus menjaga menu makanan yang dikonsumsi. Hindari makan makanan sumber bau mulut seperti durian, petai, jengkol dan bawang. Anda juga bisa langsung menggosok gigi setelah mengkonsumsinya.

Itulah cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bau mulut dan membuat nafas kembali segar sehingga rasa percaya diri semakin tinggi. Jaga kesehatan gigi dan mulut dengan rajin memeriksakan gigi ke dokter gigi setidaknya 6 bulan sekali. Bersihkan karang gigi dan jangan lupa menggosok gigi sebelum tidur untuk mencegah gigi berlubang yang baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *