Orang Indonesia harus bangga dengan batik. Bahkan batik telah mendapat persetujuan UNESCO sebagai warisan budaya asli Indonesia yang harus dilestarikan. Tak berlebihan bila dikatakan bahwa batik telah menjadi salah satu identitas bangsa. Uniknya, batik kini bukan sekadar kain yang digunakan untuk pakaian. Penggunaan batik sebagai motif untuk berbagai barang seperti perhiasan ukir juga semakin meningkat. Batik terbaru Indonesia memiliki motif tak terbatas dengan filosofi masing-masing yang sarat makna dan sejarah.

Tanggal 2 Oktober, hari batik dinyatakan oleh UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia, kini diperingati sebagai hari batik nasional. Kekayaan batik Indonesia tidak perlu dipertanyakan. Setiap daerah memiliki motif uniknya masing-masing. Sehingga hanya sesekali saja batik Indonesia bisa langsung dibedakan.

Ingat batik, ingat Solo. Kota Solo terkenal di dunia sebagai penghasil batik Indonesia. Laweyan dan Kauman adalah kampung batik yang menjadi sentra kerajinan kota. Kampung batik Kauman bahkan memproduksi batik sendiri untuk keraton Kasunanan.

Ada 3 jenis batik yang bisa Anda temukan di Solo. Mulai dari batik motif standar, batik cap dan batik kombinasi, lho. Pengrajin batik Solo bukan hanya manusia biasa. Mereka semua adalah keturunan abdi dalem yang mewarisi tradisi klasik batik Solo.

Cirebon

Sentra batik Cirebon terletak di desa Trusmi, 4 km sebelah barat pusat kota Cirebon. Di desa ini, Anda bisa menemukan bahan dan seni batik terbaik di Cirebon. Yang membuat batik Cirebon unik adalah perpaduan antara gaya keraton dengan gaya pantai yang berpadu sangat apik. Masyarakat Cirebon sendiri sangat terbuka terhadap perubahan, sehingga corak batik mereka sangat dipengaruhi oleh perhiasan Arab, Cina dan Persia.

Pekalongan

Batik Pekalongan tidak hanya terkenal di Indonesia tapi juga di seluruh dunia. Batik bercorak pantai ini terkenal kaya akan warna yang mencerminkan dinamika masyarakat pesisir. Intensitas pergaulan dengan dunia luar begitu kuat sehingga corak batik pantai terus berkembang dan kerap memunculkan penemuan-penemuan baru.

Di Pekalongan juga terdapat Museum Batik Pekalongan yang memamerkan ratusan koleksi batik dan berbagai jenis kerajinan batik. Sedangkan Pasar Grosir Setono dan Sentra Batik Internasional merupakan sentra batik yang ada di kota ini.

Bali

Pulau Dewata ini memiliki corak batik yang sangat menarik. Tak hanya menikmati keindahan alam, Anda juga bisa membawa pulang kain batik khas Bali dengan motif yang unik. Kawasan Tohpati di Denpasar atau Ubud adalah 2 sentra batik yang bisa Anda temukan di Bali. Ada juga Endek, kain Bali yang bisa dibeli di Kabupaten Klungkung.

Indramayu

Indramayu memiliki motif abstrak yang mencerminkan transisi dari tradisional ke modern. Perajin batik Indramayu tidak memiliki makna simbolik tertentu karena batik dianggap sebagai seni yang indah.

Sentra batik Indramayu terletak di Desa Paoman, Desa Pabean Udik dan Desa Dermayu. Batik Indramayu modern telah mengalami banyak perubahan baik dari segi warna, corak maupun desain yang dipengaruhi oleh perkembangan zaman.

Dikemas dengan nuansa natural, motif Seven Batik didominasi oleh perpaduan budaya lokal dan etnis Tionghoa. Hal tersebut tidak lepas dari sejarah Pekalongan yang pernah menjadi persinggahan para pedagang dari Eropa, Arab dan China. Berkat perpaduan ragam budaya inilah, batik Pekalongan kaya akan warna dan corak. Salah satu batik yang bisa dipilih adalah Tujuh Kemeja Batik Biru. Batik ini tersedia dalam ukuran M hingga XXXL.