Sejak kemunculan game Pokemon Go, game berbasis virtual reality atau virtual reality banyak dicari oleh para pecinta game Android. Mengutip dari stjosephhospitalny.org, sebelum Pokemon Go muncul, banyak game yang menggunakan teknologi VR. Mereka tidak kalah menarik dengan Pokemon Go, hanya saja kepopuleran Pokemon Go saja yang tidak bisa dipungkiri. Bagaimanapun, Pokemon Go juga merupakan salah satu game VR terbaik di Android.

Game virtual reality atau virtual reality menggunakan teknologi yang memungkinkan pengguna berinteraksi dengan lingkungannya. Lingkungan akan diubah secara 3 dimensi oleh teknologi, sehingga pengguna seolah-olah terlibat dalam lingkungan virtual. Misalnya, Pokemon Go, di mana tampaknya pokemon itu hidup di sekitar pengguna. Kebalikan dari teknologi VR adalah AR (Augmented Reality). Jika VR dimaksudkan untuk dimanifestasikan secara virtual, maka AR itu nyata, sesederhana itu.

Lantas pertanyaannya, apakah semua smartphone saat ini mampu memainkan teknologi VR? Sepertinya tidak. Tidak semua smartphone Android kompatibel jika kita menggunakannya untuk memainkan game VR. Sementara dalam perkembangannya, smartphone terbaru kini sudah dilengkapi dengan teknologi VR. Kita bisa mengetahui apakah ponsel dengan teknologi VR didukung oleh teknologi sensor gyro. Anda bisa mengetahuinya dengan menginstal aplikasi kontrol teknologi VR, seperti EZE VR dan lainnya.

1. Geser petualangan VR udara

Apakah Anda pernah naik seluncuran air? Perjalanan ini merupakan wahana yang cukup menantang untuk keberanian Anda. Dimana anda akan jatuh dari ketinggian beberapa meter dan jatuh ke dalam air. Tidak perlu naik wahana air, bayangkan bisa memainkannya di mana saja, kapan saja dan kapan saja hanya dengan tangan.

Sensasinya bisa kamu rasakan dengan memainkan game virtual berkualitas tinggi ini. Untuk bermain, tentunya Anda harus memiliki giroskop di Android Anda. Untuk mengumpulkan poin, Anda dapat menggeser kemiringan ponsel dari kiri ke kanan. Jangan khawatir, game ini sangat ramah dan mudah diunduh.

2. VR Emosi: Roller Coaster 360

Anda bisa mengalami pengalaman yang mendebarkan dan menegangkan melalui game VR ini. Anda akan berkesempatan merasakan kegembiraan saat menaiki roller coaster. Ketegangan dan keterkejutan yang akan Anda rasakan karena video yang diputar berasal dari rekaman kehidupan aslinya.

Jika Anda tidak memiliki giroskop, Anda masih dapat memutarnya dengan memiringkan kepala ke kiri atau ke kanan untuk memutar video. Anda bisa memilih roller coaster yang Anda inginkan, roller coaster klasik atau roller coaster dengan kecepatan maksimal.

3. Trinus VR Lite

Tidak seperti game VR pada umumnya, untuk memainkan game ini Anda perlu menghubungkan Android Anda ke PC. Yang Anda butuhkan untuk bermain adalah Android, PC, aplikasi dan headset TrinusVR PC gratis (seperti: Google Cardboard, Homido, dll.). Untuk memainkannya, Anda perlu mengikuti beberapa prosedur: unduh aplikasi Trinus VR Lite di Android Anda, unduh aplikasi gratis Trinus VR untuk PC di situs web resmi, ikuti langkah selanjutnya, sambungkan headset, dan mulai mainkan.