Mengingat semakin banyaknya penjualan sepeda motor di Indonesia setiap tahunnya, hal tersebut juga mendorong munculnya peluang bisnis turunan yang cukup menjanjikan. Mulai dari bisnis jual beli sparepart seperti Trijaya Part Motor, jual asesoris, hingga berbagai jenis usaha bantuan sepeda motor seperti jasa cuci motor dan bengkel motor, semuanya menjanjikan keuntungan yang besar bagi yang melakukannya.

Menurut Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan sepeda motor diharapkan bisa mencapai 10 juta unit setiap tahunnya di tahun 2013. Jelas ini merupakan peluang besar bagi para operator bengkel, karena kebutuhan akan jasa bengkel sepeda motor semakin meningkat. ditangani oleh banyak konsumen.

Nah, bagi Anda yang bingung mencari peluang usaha, tidak ada salahnya mencoba memulai bisnis bengkel motor menggunakan bengkel rumah Anda untuk mendapatkan untung besar setiap bulannya.

Komsumen

Berhubung Anda sudah membuka bengkel sepeda motor dari bengkel rumah Anda, maka target pasar yang bisa Anda tuju adalah pasar pengendara sepeda motor yang ada di sekitar tempat tinggal atau tempat tinggal Anda.

Informasi bisnis

Seiring dengan peningkatan penjualan sepeda motor, pertumbuhan bisnis jasa bengkel sepeda motor kini juga meningkat sekitar 20-25 persen. Baik itu bengkel ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) atau bengkel non-ATPM kecil yang dijalankan oleh pemula dari rumah, setiap orang memiliki peluang besar untuk menghasilkan jutaan rupee setiap bulan.

Jadi bagi pemula yang memiliki dana terbatas. Anda tidak perlu khawatir, karena Anda dapat memulai usaha bengkel sepeda motor dengan memanfaatkan garasi atau halaman rumah Anda untuk mendapatkan pangsa pasar di tempat Anda tinggal. Berikut ini kami bagikan beberapa persiapan yang perlu Anda perhatikan saat memulai bisnis rumahan yang menyediakan jasa servis atau bengkel sepeda motor.

Profesional bisnis

Bisnis lokal tidak akan pernah mati. Pertumbuhan diperkirakan akan lebih cepat, seiring dengan peningkatan jumlah pengguna sepeda motor setiap tahunnya. Meski saat ini sudah banyak bengkel resmi (ATPM) dan bengkel sepeda motor yang lahir dengan sistem kemitraan, namun tidak perlu takut dengan persaingan ini karena kini pangsa pasar yang bisa Anda targetkan cukup luas. Sejak pengendara sepeda motor kini telah menjangkau semua lapisan masyarakat.

Untuk masalah spareparts yang ingin anda jual tentu sudah ada solusinya, yakni Paket Bengkel Motor yang bisa membantu anda untuk membuat bengkel dan mengisinya dengan spareparts original dan yang terpenting memiliki harga yang bersaing di Trijaya Part.

Kelemahan usaha bengkel sepeda motor

Hambatan terbesar dalam menjalankan bisnis reparasi sepeda motor adalah kebutuhan akan tenaga kerja yang benar-benar andal, sehingga Anda harus cermat dan selektif dalam memilih calon karyawan. Hal ini sangat penting, karena dalam menjalankan bisnis jasa, kualitas layanan merupakan kunci sukses bisnis tersebut.

Selain kendala tersebut, tren dan perkembangan teknologi saat ini juga mempengaruhi permintaan calon konsumen. Oleh karena itu, agar tidak bersaing dengan pelaku korporasi lainnya, Anda harus cukup berhati-hati dengan memperhatikan tren otomotif yang sedang hits dan mendukung bengkel Anda menggunakan teknologi modern seiring dengan kemajuan yang ada.