Credit scoring adalah sistem / metode yang digunakan oleh bank atau lembaga pembiayaan lain untuk menentukan apakah Anda layak mendapatkan pinjaman.

Menurut sumber skor kredit Skor kredit ini merupakan kumpulan data nasabah yang diambil dari data pengajuan pinjaman nasabah serta menggunakan program statistik yang memuat history pinjaman, termasuk siklus pembayaran tagihan, baik pembayaran tagihan tepat waktu atau tidak, berapa kredit yang masih Anda miliki atau miliki.

Penilaian kredit membantu bank menganalisis aplikasi kredit Anda serta faktor kualitatif lainnya. Selain itu, dengan pemberian pinjaman kredit, pemberi pinjaman dapat membandingkan informasi tentang peminjam dengan kinerja pinjaman pelanggan lain dengan profil yang sama.

Di Indonesia, data laporan kredit debitur dapat dilihat dari data yang dimiliki oleh BI yang dikelola oleh Biro Informasi Perkreditan. Laporan kredit ini bermanfaat tidak hanya bagi pemberi pinjaman dalam menganalisis aplikasi kredit nasabah, tetapi juga bagi penerima kredit, khususnya debitur UMKM.

Setiap informasi memiliki bobot yang berbeda. Informasi penting seperti akurasi pengembalian pinjaman lebih berat dari yang lain.

Fungsi credit scoring, selain membantu bank untuk menentukan apakah pinjaman Anda disetujui atau tidak, juga menentukan berapa pinjaman yang akan Anda terima, berapa syarat yang Anda dapatkan, dan berapa manfaat pinjaman yang dikenakan. Jika Anda menemukan hasil skor kredit Anda rendah, Anda mungkin masih bisa mendapatkan pinjaman tetapi dengan tingkat bunga yang lebih tinggi, atau Anda mungkin diminta untuk memberikan jaminan.

Oleh karena itu, jika Anda ingin proses pengajuan kredit Anda segera disetujui setiap Anda mengajukan permohonan, pastikan skor kredit Anda baik. Semakin tinggi skor Anda, semakin cepat pengajuan kredit Anda disetujui.