Dalam dunia trading, ada banyak sekali teknik trading yang bisa Anda gunakan. Salah satunya sebagai teknik breakout trading yang menggunakan pivot point. Dikatakan broker forex terbaik sebelum membahas teknik trading tersebut, ada baiknya jika kita membahas masing-masing breakout dan pivot point yang akan dijelaskan di bawah ini:

Teknik perdagangan breakout

Teknik perdagangan breakout adalah salah satu metode paling populer di kalangan pedagang yang mengikuti tren. Metode ini menyimpulkan, jika harga berhasil melampaui batas tertentu, maka dapat mengarah pada arah tren yang berkelanjutan. Breakout adalah peristiwa dimana pasar keluar dari berbagai kondisi. Penembusan ini sering dikaitkan dengan penembusan level support dan resistance tertentu di pasar. Jadi secara harfiah breakout ini juga bisa diartikan sebagai breakout. Tidak hanya dengan support dan resistance saja, tapi ada banyak cara untuk melakukan breakout trading yang tersebar di seluruh pasar.

Namun, teknik breakout ini juga memiliki kekurangan. Salah satu kekurangannya yang menonjol adalah penetrasi yang salah. Penembusan palsu adalah situasi di mana harga berhasil menembus level yang signifikan, tetapi beberapa detik kemudian harga berubah arah. Inilah yang paling ditakuti oleh para pedagang karena mereka akan mengalami kerugian dengan teknik perdagangan breakout jika ini terjadi.

Terlebih lagi, berdagang dengan teknik ini membutuhkan waktu lama untuk menunggu dan pada gilirannya hanya menghasilkan sinyal palsu yang akan sangat membuat frustasi. Tak heran jika teknik trading ini pun mulai ditinggalkan oleh para trader pemula yang sempat menjadi korbannya. Meskipun pedagang seperti penyu aktif masih menggunakan metode perdagangan pengungsi ini sebagai sistem perdagangan mereka untuk menghasilkan keuntungan jutaan dolar.

Teknik perdagangan pivot point

Pivot point merupakan salah satu jenis analisa teknikal yang sering dijadikan acuan oleh banyak trader, baik pemula maupun profesional. Secara umum penggunaan metode ini mirip dengan support dan resistance. Jika harga mencapai level tertentu pada penolakan pivot point, breakout adalah sesuatu yang harus ditunggu oleh pivot trader. Meski begitu, level pivot point ini memiliki sedikit perbedaan dengan support dan resistance. Perbedaan ini ditentukan secara subyektif oleh hubungan antara titik harga tinggi dan rendah. Pada pin ini, perhitungan harga ditentukan berdasarkan rumus tertentu. Jadi apa yang terjadi jika kedua metode perdagangan digabungkan?

Tahukah Anda jika kedua teknik ini dapat digunakan secara bersamaan? Hal tersebut bisa terjadi karena trading dengan pivot point sendiri hampir sama dengan support dan resistance pada umumnya. Hal inilah yang membuat konsep breakout trading diterapkan pada pivot point. Cara ini biasa dikenal dengan perdagangan breakout pivot point.